ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN ATAP BAJA RINGAN


Seringkali kita kesulitan dalam menentukan atau mengetahui harga satuan pekerjaan atap, apalagi sebagai pemilik rumah yang awam akan dunia konstruksi sehingga kadang dalam menentukan atau menawar harga yang disodorkan oleh pihak tukang terkadang pemilik rumah hanya meraba raba apakah harga ini sudah cocok atau tidak.



Berikut kami memberikan acuan cara menghitung harga satuan dari pekerjaan atap terkhusus untuk pekerjaan rangka atap yang material rangka atapnya menggunakan baja ringan.

RANGKA ATAP BAJA RINGAN


Tabel tersebut diatas adalah Analisa Harga Satuan Pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan yang sesuai SNI dimana tercantum Upah Tenaga Kerja dan Bahan. Untuk mengetahui nilai harga satuan pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan kita harus mengisi terlebih harga di kolom harga satuan, misalnya untuk bagian Tenaga Kerja kita mengisi harga satuan dengan nilai upah harian tukang/pekerja sesuai dengan yang ada dipasaran pada daerah anda saat ini. 

kita ambil contoh untuk Wilayah Makassar dan sekitarnya

A. Tenaga Kerja

  1. Pekerja yaitu 110rb per hari, 
  2. Tukang yaitu 150rb per hari,
  3. Kepala Tukang yaitu 175rb per hari
  4. Mandor yaitu 175rb per hari.

B. Bahan

  1. Truss Canal C 75.75.0,75 yaitu 120rb per batang
  2. Reng U 45.0,45 yaitu 45rb per batang
  3. Screw/Baut Driling yaitu 350 per biji
dengan contoh tersebut diatas kita telah mengetahui harga satuannya, sehingga kita sisa memasukkan ditabel sesuai dengan format yang diatas dan mengisi kolom jumlah harga denga rumus nilai koefesien dikalikan dengan harga satuan, sehingga nantinya kitaa memperoleh jumlah harga, dimana jumlah harga yang kita peroleh tersebut itu adalah nilai/haarga satuan dari pekerjaan rangka atap baja ringan.

Demikian semoga bermanfaat.

Comments